Total Tayangan Halaman

Minggu, 27 November 2011

Tugas Peng.Bisnis Minggu 5


TUGAS  MINGGU 5 :

1.SEBUTKAN APA  FUNGSI  MANAJEMEN  &  APLIKASIKAN  PADA DIRI
ANDA  SEBAGAI SEORANG MAHASISWA  SERTA  APA  MANFAATNYA
Jawab:
Fungsi manajemen adalah sebagai berikut:
a.       Planning
b.      Organizing
c.       Directing
d.      Coordinating
e.       Controlling
A.    Planning perencanaan
Adalah suatu fungsi pemilihan alternatif melalui proses rasional dengan tujuan untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan maupun prosedur untuk memperbaikinya.
Perencanaan diperlukan oleh suatu perusahaan untuk dijadikan sebagai penentu arah dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dari suatu perusahaan sehingga perencanaan dapat juga dijadikan sebagai suatu sarana untuk mengontrol terhadap suatu penyimpangan pada perusahaan agar dapat berjalan lebih baik.
Pengambilan keputusan agar dikatakan rasional dapat dilakukan dengan memenuhi syarat-syarat berikut:
Ø  Mampu menganalisa ataupun menilai berbagai alternatif yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai suatu perusahaan.
Ø  Memiliki kemauan yang teguh serta optimis akan keberhasilan pelaksanaan perencanaan.
Ø  Dapat memperkirakan kekurangan atau kerugian yang terjadi dan cara mengatasinya.
B.     Organizing ( pengorganisasian )
Fungsi pengorganisasian adalah kegiatan untuk menentukan macam dan jumlah kegiatan yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan disertai dengan pendelegasian wewenang.
Ada 4 bagian penting dalam pengorganisasianyaitu:
§  Staffing
Adalah kegiatan pembagian kelompok yang berdasarkan jenis dan keahliannya.
§  Delegation of authority
Adalah pendelegasian dari atasan kepada bawahan berdasarkan kedudukan ataupun kemampuan bawahannya.
§  Departementasi
Yaitu pengelompokan kegiatan sejenis dengan kegiatan lainnya untuk dipisahkan namun masih terjalin suatu koordinasi dalam kerjasama.
§  Personalia
Yaitu bagian kepegawaian yang sangat penting kaitannya dengan bawahan baik dalam hubungan bersifat formal maupun yang bersifat informal.

C.     Directing
Adalah kegiatan khusus yang ditujukan untuk mengatasi dan mengarahkan bawahan agar pimpinan dapat mengikat bawahan secara manusiawi supaya bawahan secara sukarela mau bekerja seefektif dan seefisien mungkin untuk mencapai tujuan.
Beberapa cara yang dilakukan pemimpin dalam mengarahkan bawahannya:
a.       Pengarahan yang dilakukan dengan cara memberi informasi yang diperlukan oleh seorang karyawan tentang masalah yang dihadapi. Pengarahan ini dilakukan pada karyawan baru pada suatu perusahaan yang mencakup pada masalah tugas, hubungan antar karyawan dan lain-lain.
b.      Pengarahan dengan memberi perintah kepada bawahan. Hal ini dimaksudkan agar dapat pemimpin menyesuaikan waktu pemberian perintah baik secara formal maupun lisan kepada seluruh bawahan ataupun sebagian bawahan.
D.    Koordinasi
Adalah fungsi yang harus dilakukan seorang manajer agar terjalin komunikasi antar berbagai kepentingan sehingga tujuan dapat tercapai.
E.     Controlling (pengawasan)
Adalah fungsi terakhir yang harus dilakukan seorang manajer sebagai pelengkap dari fungsi-fungsi terdahulu.
           
Aplikasi pada seorang mahasiswa:
a.       Planning: Ingin lulus dalam waktu 4 tahun
b.      Organizing: menyusun tugas-tugas atau kegiatan yang mendukung dalam pencapaian tujuan seperti menyusun agenda kegiatan
c.       Directing: melukukan segala kegiatan dengan baik dan tepat waktu seperti belajar tepat waktu
d.      Koordinasi: melakukan koordinasi waktu belajar dengan kegiatan diluar kegiatan belajar seperti ekstrakurikuler
e.       Controlling: melukukan pengawasan atau peninjauan terhadap kegiatan yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan terhadap hal tersebut.
Manfaat dari  adanya penyusunan fungsi manajemen seperti itu, maka seorang mahasiswa akan lebih menghargai waktu dan kerja keras dalam mencapai suatu hal yang di inginkan dan perencanaan yang dibuat juga menjadi lebih terarah.

2.BAGAIMANA  LATAR  BELAKANG SEJARAH  MANAJEMEN
Frederick W. Taylor adalah seorang Bapak Manajemen Ilmiah. Ia dinobatkan sebagai Bapak Manajemen Ilmiah berkat bukunya yang berjudul The Pinciples of Scientific Management pada tahun 1911.
Dalam bukunya, Ia mengemukakan prinsip dalam melakukan pekerjaan diantaranya:
a.       Semua pekerjaan dapat dianalisis agar dapat diketahui cara untuk menyelesaikannya.
b.      Orang yang berhak menerima jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah.
c.       Cara terbaik harus diikuti dengan menggaji pemegang jabatan atas dasar insentif maksudnya menyamakan antara gaji dengan hasil kerja yang dilakukannya.
d.      Menempatkan Manajer dalam proses perencanaan, persiapan serta pemerikasaan pekerjaan sehingga hasil suatu pekerjaan menjadi baik.

3.SEBUT & JELASKAN CIRI2 KETRAMPILAN YG DIBUTUHKAN MANAJER PROFESIONAL
Ø  Ciri yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi adalah:
a.       Pemimpin Lambang (Figurehead)
Kepala simbolis; diperlukan dalam menjalankan kewajiban rutin baik yang bersifat legal maupun sosial.
b.      Pemimpin (Leader)
Bertanggung jawab dalam memotivasi serta mengaktifkan bawahan; bertanggung jawab dalam mengisi posisi yang kosong, melatih dan menjalankan tugas-tugas terkait.
c.       Penghubung (Liaison)
Memelihara jaringan kontak luar yang berkembang sendiri dalam memberikan dukungan dan informasi.
Ø  Ciri yang berkaitan dengan informasi adalah:
a.       Pemantau (Monitor)
Sebagai pusat saraf informasi baik internal maupun eksternal  tentang organisasi.
b.      Penyebar (Dissiminator)
Meneruskan informasi yang diterima baik dari bawahan ataupun orang luar kepada anggota organisasi.
c.       Jurubicara (Spokesperson)
Meneruskan informasi kepada orang luar baik mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi.
Ø  Ciri yang berkaitan dengan pengambilan keputusan:
a.       Wirausaha (Entrepreneur)
Mencari kesempatan baik dalam organisasi maupun lingkungan serta ikut memprakarsai proyek perbaikan guna menimbulkan perubahan.
b.      Pengendali gangguan (Disturbance Handler)
Bertindak atas tindakan korektif dalam mengatasi gangguan mendadak dalam organisasi.
c.       Pengalokasi sumber daya (Resource Allocator)
Bertanggung jawab terhadap alokasi sumber daya organisasi.
d.      Perunding ( Negotiator)
Mewakili organisasi pada perundingan utama.

4.APA ITU ORGANISASI & SEBUTKAN ELEMEN2NYA
Organisasi adalah sarana dalam mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi manajemen yang biasa dilakukan oleh pemimpin terhadap organisasi yang ada di perusahaan tersebut.

Menurut Boone dan Katz organisasi di definisikan sebagai berikut:
Organisasi adalah proses dari orang-orang yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Ø  Berdasarkan pengertian ini diketahui bahwa organisasi mencakup 3 elemen pokok yaitu:
1.      Interaksi manusia
Dengan adanya interaksi antara anggota organisasi maka tujuan organisasi akan mudah tercipta karena dalam hal ini interaksi antar anggota secara tidak langsung dapat menyatukan berbagai macam pendapat menjadi sebuah alternatif bagi terlaksananya tujuan organisasi tersebut.
2.      Kegiatan yang mengarah pada tujuan
Kegiatan-kegiatan yang mengarah pada tujuan dapat dilakukan dengan melakukan alternatif-alternatif baru yang lebih dapat mempercepat terciptanya suatu tujuan.
3.      Struktur organisasi itu sendiri
Dengan adanya struktur organisasi yang baik kegiatan dalam mencapai tujuan akan terkoordinir dengan baik pula karena adanya kerjasama dengan karyawan berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar