Total Tayangan Halaman

Minggu, 27 November 2011

Tugas Peng.Bisnis Minggu 6


TUGAS  MINGGU 6. 

  1. JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
Jawab:
a.       Pasar adalah kelompok individu yang memiliki permintaan terhadap suatu barang dengan daya beli dan minat untuk merealisasikan pembeliannya.
b.      Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis agar memenuhi kebutuhan pasar dengan barang ataupun pasar, menetapkan harga, mendistribusikan serta melakukan promosi melalui proses pertukaran sehingga konsumen dapat merasa puas  dan mencapai tujuan perusahaan.

Ø  Jadi perbedaan pasar dan pemasaran adalah bahwa pasar adalah tempat untuk melakukan jual beli atau pemasaran suatu barang oleh individu sedangkan pemasaran adalah kegiatan atau proses pemasaran terhadap suatu barang oleh pemasar atau distributor.

  1. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
Jawab: 
a.       Jenis pasar industri
Pasar industri adalah pasar yang terdiri atas individu, lembaga ataupun organisasi yang membeli suatu barang untuk digunakan kembali baik secara langsung maupun tidak langsung untuk memproduksi barang baru dan menjualnya. Contoh jenis pasar industri adalah industri mobil bekas, 
b.      Pasar penjual
Pasar penjual adalah individu atau organisasi membeli suatu barang untuk dijual kembali ataupun disewakan kepada orang lain untuk memperoleh laba. Contoh pasar penjual adalah supermarket, warung, warnet.

3.      APA  YG DIMAKSUD KONSEP  INTI  PEMASARAN
Jawab:
Konsep inti pemasaran terdiri atas:
a.       Konsep produksi
Konsumen menyukai barang yang tersedia namun juga selaras dengan kemampuan konsumen dan manajemen berkonsentrasi terhadap efisiensi produksi dan distribusi.
b.      Konsep produk
Konsumen menyukai produk yang bermutu tinggi, serta berkinerja baik juga memiliki keistimewaan yang mencolok, dalam hal ini manajemen harus memperbaiki secara terus menerus produksinya.
c.       Konsep penjualan
Konsumen tidak akan membeli banyak produk, dalam hal ini manajemen harus melakukan proses promosi dan penjualan sebaik-baiknya.
d.      Konsep pemasaran
Penentuan terhadap suatu kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan harus dilakukan secara efektif dan efisien melampaui yang dilakukan pesaing.

4.      SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
4 variabel bauran promosi adalah
1.      Pengiklanan (advertising)
Upaya pengiklanan dimaksudkan untuk mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu produk tertentu. Namun bentuk dari pengiklanan itu sendiri tergantung pada keinginan produsen dalam menonjolkan sutu produk yang dihasilkan.
·         Brand advertising bertujuan untuk meningkatkan permintaan selektif suatu produk dengan cara menjaga keterikatan dengan konsumen tetap dan berusaha untuk menarik minat dari konsumen pesaing.
·         Product advertising bertujuan untuk meningkatkan primary demand produk tertentu. Tipe dari product advertising dibagi 2 yaitu kampanye mendidik konsumen tentang product dan kampanye bersama yang disponsori oleh asosiasi dagang tertentu dengan tujuan menaikkan permintaan industri.
·         Cooperative advertising bertujuan untuk meningkatkan kesediaan penyalur dalam upaya membantu memasarkan produk perusahaan.
·         Corporate advertising bertujuan untuk mempublikasikan nama perusahaan, ataupun image seseorang untuk menarik minat konsumen dan terjadi ikatan antara pelanggan dan perusahaan.
2.      Personal selling
Merupakan pelengkap dalam proses pengiklanan secara individual yang dilakukan oleh staf pemasaran secara langsung sehingga terjadi kontak langsung dengan konsumen yang berpengaruh pada kepentingan perusahaan.
3.      Promosi penjualan
Merupakan elemen yang menyedot banyak sekali dana. Promosi penjualan ini bertujuan untuk mencari pelanggan sebanyak mungkin dalam waktu singkat dengan memberikan promosi-promosi seperti potongan harga, undian dan lainnya.
Bentuk aktivitas promosi penjualan yang umum terjadi adalah promosi yang diarahkan pada tenaga penjual dengan memberikan bonus apabila tenaga pekerja berhasil mencapai terget penjualan ataupun melebihi target dan promosi yang diarahkan pada penyalur dengan cara mempromosikan produk si penyalur.
4.      Publisitas
Publisitas merupakan cara paling efektif dalam mempromosikan suatu produk. Salah satu cara publisitas adalah dengan mempromosikan suatu produk melalui siaran televisi tertentu. Hal ini bertujuan untuk membangun image terhadap suatu produk maupun suatu perusahaan di benak masyarakat.

5.      SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
Jawab:
·         Melalui agen atau distributor
Dengan menginvestasi sedikit modal pada distributor maka terjadi peningkatan usaha-usaha pemasaran.
·         Membuka cabang pemasaran
Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuka perusahaan di pasar lokal. Hal ini dapat meningkatkan komunikasi yang baik kepada konsumen.
·         Melakukan pengefektifan biaya pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar